Sebagian dari kalian mungkin asing dengan The Grounds of Alexandria, yang ada di Sydney itu. The Grounds of Alexandria sendiri merupakan kafe atau resto tematik, yang menyajikan nuansa 'hijau' nan menyegarkan. Penampakannya kurang lebih seperti ini. The Grounds of Alexandria yang ada di Sydney Nah, buat kalian yang mau merasakan nuansa tempat nongkrong yang seperti itu. Tak perlu jauh-jauh. Ada di Kota Batu! Retrorika namanya. Retrorika Coffee Bar & Resto, lengkapnya. Di Desa Bumiaji letaknya. Ada di Google Maps, atau bisa dicari via Instagram @retrorika.id . Buka hampir setiap hari. Jam 11.00-00.00 WIB untuk hari biasa, dan 10.00-00.00 WIB di akhir pekan. JANGAN LUPA, kafe ini tutup setiap hari KAMIS. Jangan seperti CPI yang melewatkan informasi tersebut. D engan percaya dirinya 'nyengklak' motor Vario 150 2019, dari Pemkot mBatu ke Jl. Dewi Mutmainah No. 2 Desa Bumiaji. Motor yang cukup gede untuk ' wong cilik ' dengan tinggi 150an cm.
1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
1. Maxon Cinema 4D R16
2. Time Lapse Assembler
3. Bahan
1. Hasil praktikum sebelumnya.
2. Aset Sekunder, download
4. Dasar Teori
Fungsi Secondary
Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru
Fungsi F-Curve
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
1. Maxon Cinema 4D R16
2. Time Lapse Assembler
3. Bahan
1. Hasil praktikum sebelumnya.
2. Aset Sekunder, download
4. Dasar Teori
Fungsi Secondary
Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru
Fungsi F-Curve
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Tambahkan secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Tambahkan secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini, kesulitan yang saya alami dalam pengerjaannya yaitu ketika secondary assets sudah berbentuk helix namun letaknya tidak sama dengan helix yang saya buat. Ternyata kesalahan terletak pada koordinat secondary assets.
Pada praktikum kali ini, kesulitan yang saya alami dalam pengerjaannya yaitu ketika secondary assets sudah berbentuk helix namun letaknya tidak sama dengan helix yang saya buat. Ternyata kesalahan terletak pada koordinat secondary assets.
9. Referensi
Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves oleh Moh. Hasbi Assidiqi
0519451074-3-12. Bab II.pdf
Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves oleh Moh. Hasbi Assidiqi
0519451074-3-12. Bab II.pdf
Komentar
Posting Komentar