Sebagian dari kalian mungkin asing dengan The Grounds of Alexandria, yang ada di Sydney itu. The Grounds of Alexandria sendiri merupakan kafe atau resto tematik, yang menyajikan nuansa 'hijau' nan menyegarkan. Penampakannya kurang lebih seperti ini. The Grounds of Alexandria yang ada di Sydney Nah, buat kalian yang mau merasakan nuansa tempat nongkrong yang seperti itu. Tak perlu jauh-jauh. Ada di Kota Batu! Retrorika namanya. Retrorika Coffee Bar & Resto, lengkapnya. Di Desa Bumiaji letaknya. Ada di Google Maps, atau bisa dicari via Instagram @retrorika.id . Buka hampir setiap hari. Jam 11.00-00.00 WIB untuk hari biasa, dan 10.00-00.00 WIB di akhir pekan. JANGAN LUPA, kafe ini tutup setiap hari KAMIS. Jangan seperti CPI yang melewatkan informasi tersebut. D engan percaya dirinya 'nyengklak' motor Vario 150 2019, dari Pemkot mBatu ke Jl. Dewi Mutmainah No. 2 Desa Bumiaji. Motor yang cukup gede untuk ' wong cilik ' dengan tinggi 150an cm.
1. Tujuan
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.
2. Alat
1. Maxon Cinema 4D R16
2. Adobe After Effects CC 2015
3. Bahan
1. Hasil praktikum sebelumnya.
4. Dasar Teori
Camera Depth
Rentang lebar sebuah area yang bisa ditangkap oleh kamera.
Multipass Rendering
Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.
Depth of Field
Dalam optik, terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.
Compositing
Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai disebut"chroma key", "blue screen", "layar hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua, compositing dicapai melaluimanipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir abadke-19, dan beberapa masih digunakan.
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.
2. Alat
1. Maxon Cinema 4D R16
2. Adobe After Effects CC 2015
3. Bahan
1. Hasil praktikum sebelumnya.
4. Dasar Teori
Camera Depth
Rentang lebar sebuah area yang bisa ditangkap oleh kamera.
Multipass Rendering
Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.
Depth of Field
Dalam optik, terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.
Compositing
Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai disebut"chroma key", "blue screen", "layar hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua, compositing dicapai melaluimanipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir abadke-19, dan beberapa masih digunakan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
2. Import masing-masing render sequence ke AE. Buat composition untuk masing-masing, yaitu logo, secondary, dan background
3. Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
2. Import masing-masing render sequence ke AE. Buat composition untuk masing-masing, yaitu logo, secondary, dan background
3. Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum.
1. Setting Camera DOF di C4D.
2. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth.
3. Import masing-masing render sequence ke AE kemudian membuat composition untuk masing-masing.
4. Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur.
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum.
1. Setting Camera DOF di C4D.
2. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth.
3. Import masing-masing render sequence ke AE kemudian membuat composition untuk masing-masing.
4. Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur.
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Pada dasarnya praktikum kali ini lebih kepada ketelitian mengikuti tutorial saat pengaturan rendernya. Karena dari beberapa step ternyata masih banyak yang tidak mendapat hasil render yang diinginkan, misalnya saja hasil render multipast background hanya keluar warna hitam, dan sebagainya. Alhamdulillah saya tidak mengalami kesulitan dalam pengerjaan ini, hanya saja laporan ini sempat belum terselesaikan sesuai waktu yang disediakan karena video tutorial yang saya gunakan sebagai acuan masih belum terupload. Hehe
Pada dasarnya praktikum kali ini lebih kepada ketelitian mengikuti tutorial saat pengaturan rendernya. Karena dari beberapa step ternyata masih banyak yang tidak mendapat hasil render yang diinginkan, misalnya saja hasil render multipast background hanya keluar warna hitam, dan sebagainya. Alhamdulillah saya tidak mengalami kesulitan dalam pengerjaan ini, hanya saja laporan ini sempat belum terselesaikan sesuai waktu yang disediakan karena video tutorial yang saya gunakan sebagai acuan masih belum terupload. Hehe
9. Referensi
Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE oleh Moh. Hasbi Assidiqi
Wikipedia. Depth of Field
Prabowo, Rudi. Compositing
Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE oleh Moh. Hasbi Assidiqi
Wikipedia. Depth of Field
Prabowo, Rudi. Compositing
Komentar
Posting Komentar