Langsung ke konten utama

HIDDEN GEM! Rasakan The Grounds of Alexandria Sydney Ala Kota Batu, Jawa Timur

Sebagian dari kalian mungkin asing dengan The Grounds of Alexandria, yang ada di Sydney itu. The Grounds of Alexandria sendiri merupakan kafe atau resto tematik, yang menyajikan nuansa 'hijau' nan menyegarkan. Penampakannya kurang lebih seperti ini. The Grounds of Alexandria yang ada di Sydney Nah, buat kalian yang mau merasakan nuansa tempat nongkrong yang seperti itu. Tak perlu jauh-jauh. Ada di Kota Batu! Retrorika namanya. Retrorika Coffee Bar & Resto, lengkapnya. Di Desa Bumiaji letaknya. Ada di Google Maps, atau bisa dicari via Instagram @retrorika.id . Buka hampir setiap hari. Jam 11.00-00.00 WIB untuk hari biasa, dan 10.00-00.00 WIB di akhir pekan. JANGAN LUPA, kafe ini tutup setiap hari KAMIS. Jangan seperti CPI yang melewatkan informasi tersebut. D engan percaya dirinya 'nyengklak' motor Vario 150 2019, dari Pemkot mBatu ke Jl. Dewi Mutmainah No. 2 Desa Bumiaji. Motor yang cukup gede untuk ' wong cilik ' dengan tinggi 150an cm.

Balet Kenalkan Dewi Sangkrah


               CPI Menulis - Pertunjukkan tari Balet Marlupi Dance Academy (MDA) dengan keunikan mengangkat budaya daerah, turut mewarnai serangkaian acara PrepCom III UN Habitat yang berlangsung di Surabaya. Bertempat di Gedung Teater Balai Pemuda kota Surabaya, Kamis (28/7), kelompok penari yang terdiri dari 11 orang ini memperkenalkan tarian Dewi Sangkrah, salah satu tokoh cerita rakyat yang terkenal di Surabaya. Yang menarik adalah penari mengenakan kebaya dan musik pengiring menggunakan lagu tradisional Indonesia.
               Menurut Pemilik sanggar MDA, Marlupi Sijangga, dirinya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa tarian yang berasal dari Prancis ini juga bisa dipadu-padankan dengan musik tradisional.
"Tahun 70-an saya mengangkat cerita Joko Tarub pada tari Balet. Lalu dapat kritikan dari pewarta karena ada salah satu adegan yang dianggap porno," kata Marlupi saat diwawancarai Kamis (28/7).
               Banyak dari rekan-rekannya sesama Pemilik sanggar tari Balet mengatakan bahwa mustahil dapat mengkolaborasikan tari Balet dengan budaya tradisional. Dari situ Marlupi terus berbenah dan berkarya menciptakan berbagai tari Balet, diantaranya Tari Tenun, Rek Ayo Rek, Dewi Sangkrah.
"Untuk cerita Dewi Sangkrah ini merupakan permintaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Surabaya," ungkap Marlupi.
               Marlupi patut berbangga atas keberhasilannya mengenalkan budaya Indonesia melalui tari Balet. Pada suatu pertunjukkan yang disaksikan oleh para turis luar negeri, semua penonton melakukan standing applause setelah tarian Balet Rek Ayo Rek dibawakan. Hal yang sama terjadi saat mengikuti lomba di Hongkong. Tari Tenun mendapat respon yang luar biasa dari penonton.
"Tari Reedom of Bali mendapat Juara 1 pada International Ballet Competition di Hongkong. Tanggal 8 Agustus ini 7 Penari akan ikut lomba di Taiwan dan bulan Oktober saya ke Jakarta untuk membuat tarian Balet yang mengangkat cerita dari Jawa Barat," tambah pemilik sanggar MDA ini.
               Sampai saat ini, sanggar tari Balet MDA telah mempunyai 17 cabang di Jakarta dan 18 cabang di Surabaya. (cpi)
Beli Langsung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak. 8 - Remake "One Little Finger" (Part 2)

1.  Tujuan       Mempercepat penggunaan Adobe Flash Professional melalui kegiatan remake. 2.  Alat       Adobe Flash CS 5.5 3.  Bahan      Video "One Little Finger by Super Simple Song". 4.  Dasar Teori            Secara teknis, Adobe Flash memiliki fitur untuk in-between otomatis yang disebut dengan Tween. Motion Tween adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. Motion tween sering digunakan untuk memberikan animasi berupa merubah posisi benda, merubah ukuran benda, dan merubah visibilitas, kecerahan (brightness), kedalaman warna benda. Merubah posisi benda dapat diartikan bahwa motion tween dapat menggerakkan benda dari titik A ke titik B. 5.  Tugas Praktikum      Buatlah tiruan video One Little Finger. 6.  Hasil Praktikum       7.  Kesimpulan       Dari praktikum ini, saya belajar membuat animasi dengan memanfaatkan motion tween yang dalam hal ini difungsikan untuk merubah ukuran dan letak objeknya. 8.  Refe

20 Etika Berbicara dan Berdiskusi

CPI Menulis - 20 ETIKA BERBICARA versi CPI Berbicara dengan baik dan sopan menyesuaikan lawan bicara. Berbicara dengan artikulasi yang jelas. Berbicara dengan volume suara yang pas (tidak terlalu pelan, juga tidak terlalu keras). Berbicara seperlunya dan tidak bertele-tele. Disarankan tetap mengontrol emosi saat berbicara. Tidak menyela orang lain yang sedang berbicara. Tidak berbicara dengan cepat atau tergesa-gesa. Tidak merasa diri paling pintar. Tidak berbicara dengan nada tinggi atau menyombongkan diri. Tidak makan saat berbicara, misalnya sambil mengunyah permen. Hindari pengucapan kata-kata kasar. Hindari nada pembicaraan yang terkesan membentak. Hindari bahasan yang isinya menjelekkan orang lain. Hindari segala bentuk bahasan yang dapat memicu pertikaian. Hindari penggunaan kata-kata daerah tertentu, karena tidak semua orang memahami artinya. Tidak memasukkan unsur SARA dalam pembicaraan. Disarankan melihat lawan bicara. Jika pembicaraan bertujuan mempeng

Prak. 2 - Membuat Animasi Sticky Man Berjalan pada Adobe Flash

1.  Tujuan       Mampu membuat Stiky Man dan animasi berjalan dengan Adobe Flash. 2.  Alat       Adobe Flash CS 5.5 3.  Dasar Teori       Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain :      1. Pose          Berikut adalah pose-­pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti.                   Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing, dan up.             Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu. kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.         2. Timing             Timing yang dimaksud adalah jumlah frame yang diperlukan untuk menghasilkan animasi yang diinginkan. Timing juga berhubungan dengan durasi