Langsung ke konten utama

HIDDEN GEM! Rasakan The Grounds of Alexandria Sydney Ala Kota Batu, Jawa Timur

Sebagian dari kalian mungkin asing dengan The Grounds of Alexandria, yang ada di Sydney itu. The Grounds of Alexandria sendiri merupakan kafe atau resto tematik, yang menyajikan nuansa 'hijau' nan menyegarkan. Penampakannya kurang lebih seperti ini. The Grounds of Alexandria yang ada di Sydney Nah, buat kalian yang mau merasakan nuansa tempat nongkrong yang seperti itu. Tak perlu jauh-jauh. Ada di Kota Batu! Retrorika namanya. Retrorika Coffee Bar & Resto, lengkapnya. Di Desa Bumiaji letaknya. Ada di Google Maps, atau bisa dicari via Instagram @retrorika.id . Buka hampir setiap hari. Jam 11.00-00.00 WIB untuk hari biasa, dan 10.00-00.00 WIB di akhir pekan. JANGAN LUPA, kafe ini tutup setiap hari KAMIS. Jangan seperti CPI yang melewatkan informasi tersebut. D engan percaya dirinya 'nyengklak' motor Vario 150 2019, dari Pemkot mBatu ke Jl. Dewi Mutmainah No. 2 Desa Bumiaji. Motor yang cukup gede untuk ' wong cilik ' dengan tinggi 150an cm.

Liputan Kerja Praktek di Radar Surabaya #HariKe-3

CPI Menulis - Rabu (27/7) sekitar pukul 10.00 WIB dimulailah hari ke-3 Kerja Praktek (KP). Hari itu dimulai di salah satu titik di Jl. Dukuh Kupang, tepatnya di Polrestabes Dukuh Pakis Surabaya. Jadwal hari itu ialah rilis barang bukti lakalantas (kecelakaan lalu lintas) dan ranmor (pencurian motor) yang menumpuk selama 5 tahun terakhir. Liputan hari itu kami ditemani rekan wartawan, Mas Yuwan, yang memang berada pada Pos Kriminal.
Agenda liputan hari itu berakhir sekitar pukul 12.30 WIB. Kami mengemas berita tersebut dalam bentuk tulisan di rumah Penulis karena memang jadwal ngantor baru akan dimulai jam 17.00 WIB. Dan tulisan tersebut dapat dibaca disini.
Beberapa waktu kemudian kami berangkat menuju Radar Surabaya. Jalanan sore itu cukup padat mengingat rumah Penulis berada di pusat kota dan kala itu Surabaya sedang padat event menjelang Penutupan PrepCom III UN Habitat, sehingga beberapa jalan protokol ditutup dan menyebabkan kepadatan dijalur sekitarnya. Setibanya di kantor, kami menunjukkan hasil liputan kami kepada Pembimbing disana yaitu Pak Hendarmono, sebagaimana ditugaskan sebelumnya untuk mengirimkan via email.
Beberapa waktu kemudian, Beliau menghampiri Penulis dan memberitahukan kekurangan-kekurangan dari tulisan Penulis pada liputan sebelumnya, yaitu liputan kasus narkoba yang bisa dibaca disini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ialah sebagai berikut:
1. Judul berita hendaknya dibuat lebih menarik, sebagai contoh mengambil sisi humanisnya dengan contoh "5 Tahun Kurungan, Denok Memeluk Putrinya".
Sebenarnya Penulis sempat memikirkan judul tersebut, namun Penulis hanya sedikit menyinggung seputar hal tersebut dan itupun dibagian paling akhir, sehingga ragu apakah judul itu relevan atau tidak. Pernyataan ini adalah fakta sesungguhnya, bukan hanya sekedar pembelaan loh :v
2. Pada penulisan berita hendaknya disertakan kutipan dari seseorang. Untuk berita kasus narkoba ini misalnya kalimat dari Hakim atau Penasehat Hukumnya.
3. Untuk penulisan angka, 1-10 menggunakan angka, sedangkan selebihnya menggunakan huruf. Jadi untuk penulisan jumlah denda yang ada pada artikel Penulis, yang benar ialah "Rp 800 juta", bukannya "Rp 800.000.000,- (delapan ratus juta rupiah)". Hal itu terlalu panjang untuk dimuat di koran dan menyebabkan Pembaca merasa lelah ketika membacanya.
Sedangkan pertimbangan Penulis saat itu ialah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :v
4. Pada 1 kalimat hendaknya terdapat maksimal 12 kata, idealnya justru 8-9 kata. Hal ini berguna agar Pembaca tidak lelah saat membaca, karena biasanya membaca 1 kalimat dengan 1 kali nafas.
5. Untuk berita utama koran (halaman sampul) membutuhkan tulisan sebanyak >2 lembar kerja (kertas ukuran A4 atau F4). Sedangkan untuk berita lainnya minimal 1 lembar. Karena untuk setiap artikel yang ditulis oleh Wartawan, pastilah diedit lagi oleh Redaktur, sehingga akan ada tulisan yang dikurangi, khususnya kalimat atau kata-kata yang diulang.
Begitulah kira-kira hal-hal yang disampaikan Pak Hendarmono untuk Penulis agar dapat diterapkan pada tulisan-tulisan selanjutnya. Untuk pernyataan 1 kalimat terdiri dari 8-12 kata, ada tambahan dari Pak Hendarmono bahwa jika lebih dari 12 kata maka bisa disiasati dengan tanda baca "," (koma). Sekian yang dapat Penulis bagikan, dan hari ke-3 KP berakhir sebagaimana hari-hari sebelumnya yaitu pukul 19.00 WIB. Semoga pengalaman Penulis diatas dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi Pembaca. (cpi)
Beli Langsung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak. 8 - Remake "One Little Finger" (Part 2)

1.  Tujuan       Mempercepat penggunaan Adobe Flash Professional melalui kegiatan remake. 2.  Alat       Adobe Flash CS 5.5 3.  Bahan      Video "One Little Finger by Super Simple Song". 4.  Dasar Teori            Secara teknis, Adobe Flash memiliki fitur untuk in-between otomatis yang disebut dengan Tween. Motion Tween adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. Motion tween sering digunakan untuk memberikan animasi berupa merubah posisi benda, merubah ukuran benda, dan merubah visibilitas, kecerahan (brightness), kedalaman warna benda. Merubah posisi benda dapat diartikan bahwa motion tween dapat menggerakkan benda dari titik A ke titik B. 5.  Tugas Praktikum      Buatlah tiruan video One Little Finger. 6.  Hasil Praktikum       7.  Kesimpulan       Dari praktikum ini, saya belajar membuat animasi dengan memanfaatkan motion tween yang dalam hal ini difungsikan untuk merubah ukuran dan letak objeknya. 8.  Refe

20 Etika Berbicara dan Berdiskusi

CPI Menulis - 20 ETIKA BERBICARA versi CPI Berbicara dengan baik dan sopan menyesuaikan lawan bicara. Berbicara dengan artikulasi yang jelas. Berbicara dengan volume suara yang pas (tidak terlalu pelan, juga tidak terlalu keras). Berbicara seperlunya dan tidak bertele-tele. Disarankan tetap mengontrol emosi saat berbicara. Tidak menyela orang lain yang sedang berbicara. Tidak berbicara dengan cepat atau tergesa-gesa. Tidak merasa diri paling pintar. Tidak berbicara dengan nada tinggi atau menyombongkan diri. Tidak makan saat berbicara, misalnya sambil mengunyah permen. Hindari pengucapan kata-kata kasar. Hindari nada pembicaraan yang terkesan membentak. Hindari bahasan yang isinya menjelekkan orang lain. Hindari segala bentuk bahasan yang dapat memicu pertikaian. Hindari penggunaan kata-kata daerah tertentu, karena tidak semua orang memahami artinya. Tidak memasukkan unsur SARA dalam pembicaraan. Disarankan melihat lawan bicara. Jika pembicaraan bertujuan mempeng

Prak. 2 - Membuat Animasi Sticky Man Berjalan pada Adobe Flash

1.  Tujuan       Mampu membuat Stiky Man dan animasi berjalan dengan Adobe Flash. 2.  Alat       Adobe Flash CS 5.5 3.  Dasar Teori       Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain :      1. Pose          Berikut adalah pose-­pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti.                   Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing, dan up.             Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu. kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.         2. Timing             Timing yang dimaksud adalah jumlah frame yang diperlukan untuk menghasilkan animasi yang diinginkan. Timing juga berhubungan dengan durasi