Langsung ke konten utama

HIDDEN GEM! Rasakan The Grounds of Alexandria Sydney Ala Kota Batu, Jawa Timur

Sebagian dari kalian mungkin asing dengan The Grounds of Alexandria, yang ada di Sydney itu. The Grounds of Alexandria sendiri merupakan kafe atau resto tematik, yang menyajikan nuansa 'hijau' nan menyegarkan. Penampakannya kurang lebih seperti ini. The Grounds of Alexandria yang ada di Sydney Nah, buat kalian yang mau merasakan nuansa tempat nongkrong yang seperti itu. Tak perlu jauh-jauh. Ada di Kota Batu! Retrorika namanya. Retrorika Coffee Bar & Resto, lengkapnya. Di Desa Bumiaji letaknya. Ada di Google Maps, atau bisa dicari via Instagram @retrorika.id . Buka hampir setiap hari. Jam 11.00-00.00 WIB untuk hari biasa, dan 10.00-00.00 WIB di akhir pekan. JANGAN LUPA, kafe ini tutup setiap hari KAMIS. Jangan seperti CPI yang melewatkan informasi tersebut. D engan percaya dirinya 'nyengklak' motor Vario 150 2019, dari Pemkot mBatu ke Jl. Dewi Mutmainah No. 2 Desa Bumiaji. Motor yang cukup gede untuk ' wong cilik ' dengan tinggi 150an cm.

Enam Tim Lolos Pimnas, PENS Sibuk Persiapan

CPI Menulis - Sebanyak enam tim PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dari PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) berhasil menuju Pimnas 2016 (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Pimnas 2016 diadakan tanggal 8-11 Agustus di IPB. PENS dengan enam timnya mendapat peringkat ke-15 dari 145 Perguruan Tinggi yang lolos dalam Pimnas.
"Untuk menuju Pimnas, mereka telah melewati beberapa seleksi. Seleksi pertama yaitu pembuatan proposal. Dimana proposal tersebut dikirim ke Pusat dan langsung diseleksi oleh Dikti. Dari seleksi proposal, ada 91 tim yang lolos didanai," kata Teguh, Koordinator PKM PENS saat diwawancarai di Gedung Pasca Sarjana PENS, Selasa (2/8).
Teguh mengatakan bahwa terjadi penurunan jumlah tim yang lolos dari seleksi proposal. Tahun lalu ada sekitar 160 tim yang lolos. Menurut dia hal ini juga dialami oleh perguruan tinggi lainnya.
Setelah lolos pada tahapan proposal, maka akan dilakukan monitoring dan evaluasi atau Monev dengan reviewer para doktor atau dosen senior yang berpengalaman dalam karya ilmiah.
"Untuk PENS sendiri mengadakan Monev internal sebanyak dua kali. Maksudnya untuk memantapkan kesiapan dari tiap tim untuk menjalani Monev eksternal," lanjut Teguh.
Teguh mengatakan bahwa setelah diadakan Monev, tim peserta diwajibkan membuat laporan kemajuan, setelah itu mengunggah laporan akhir.
"Kami sedikit mengalami kendala untuk pengumpulan laporan akhir karena jadwalnya bersamaan dengan libur lebaran. Banyak mahasiswa kami yang pulang kampung. Ditambah sebelumnya mereka UAS dan baru libur sekitar H-4 lebaran. Tapi untungnya semua tim bisa mengumpulkan sesuai jadwal, dan akhirnya 6 tim inilah yang lolos Pimnas," terang Teguh.
Alfin Junaedy, salah satu Ketua tim dengan judul PKM Pengembangan Robot Bantu Petani Pemanjat Pohon Kelapa untuk Daerah Terpencil dengan Tenaga Utama Udara. Alfin menjelaskan bahwa ide pengembangan robot yang ia buat bersama tiga rekannya ini berdasarkan tugas akhir mahasiswa PENS sebelumnya. Tahun 2010 dibuat robot pemanjat, tapi tidak bisa memetik. Kemudian tahun 2012 dibuat robot pemanjat dan pemetik kelapa. Alfin menjelaskan bahwa perbedaan robot yang ia buat dengan robot terdahulunya yaitu terletak pada sumber tenaganya. Robot sebelumnya hanya menggunakan sumber dari baterai. Biasanya hanya mampu untuk melakukan 2-3 panjatan, kemudian baterai akan habis.
"Kami menambahkan alat pemompa udara untuk sumber energi robot. Sehingga baterai akan sedikit awet," kata Alfin saat ditemui usai persiapan presentasi Pimnas di Gedung Pasca Sarjana PENS, Selasa (2/8).
Ke enam tim kini tengah disibukkan melakukan persiapan presentasi, pembuatan poster, video, dan tentunya persiapan optimal terkait alatnya.

"Persiapan ke enam tim kini sekitar 90%. Adapun harapan kami selaku koordinator, semoga masing-masing tim dapat unggul dikelasnya dan membawa kabar baik untuk PENS," tambah Teguh. (cpi)
Beli Langsung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak. 8 - Remake "One Little Finger" (Part 2)

1.  Tujuan       Mempercepat penggunaan Adobe Flash Professional melalui kegiatan remake. 2.  Alat       Adobe Flash CS 5.5 3.  Bahan      Video "One Little Finger by Super Simple Song". 4.  Dasar Teori            Secara teknis, Adobe Flash memiliki fitur untuk in-between otomatis yang disebut dengan Tween. Motion Tween adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. Motion tween sering digunakan untuk memberikan animasi berupa merubah posisi benda, merubah ukuran benda, dan merubah visibilitas, kecerahan (brightness), kedalaman warna benda. Merubah posisi benda dapat diartikan bahwa motion tween dapat menggerakkan benda dari titik A ke titik B. 5.  Tugas Praktikum      Buatlah tiruan video One Little Finger. 6.  Hasil Praktikum       7.  Kesimpulan       Dari praktikum ini, saya belajar membuat animasi dengan memanfaatkan motion tween yang dalam hal ini difungsikan untuk merubah ukuran dan letak objeknya. 8.  Refe

20 Etika Berbicara dan Berdiskusi

CPI Menulis - 20 ETIKA BERBICARA versi CPI Berbicara dengan baik dan sopan menyesuaikan lawan bicara. Berbicara dengan artikulasi yang jelas. Berbicara dengan volume suara yang pas (tidak terlalu pelan, juga tidak terlalu keras). Berbicara seperlunya dan tidak bertele-tele. Disarankan tetap mengontrol emosi saat berbicara. Tidak menyela orang lain yang sedang berbicara. Tidak berbicara dengan cepat atau tergesa-gesa. Tidak merasa diri paling pintar. Tidak berbicara dengan nada tinggi atau menyombongkan diri. Tidak makan saat berbicara, misalnya sambil mengunyah permen. Hindari pengucapan kata-kata kasar. Hindari nada pembicaraan yang terkesan membentak. Hindari bahasan yang isinya menjelekkan orang lain. Hindari segala bentuk bahasan yang dapat memicu pertikaian. Hindari penggunaan kata-kata daerah tertentu, karena tidak semua orang memahami artinya. Tidak memasukkan unsur SARA dalam pembicaraan. Disarankan melihat lawan bicara. Jika pembicaraan bertujuan mempeng

Prak. 2 - Membuat Animasi Sticky Man Berjalan pada Adobe Flash

1.  Tujuan       Mampu membuat Stiky Man dan animasi berjalan dengan Adobe Flash. 2.  Alat       Adobe Flash CS 5.5 3.  Dasar Teori       Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain :      1. Pose          Berikut adalah pose-­pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti.                   Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing, dan up.             Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu. kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.         2. Timing             Timing yang dimaksud adalah jumlah frame yang diperlukan untuk menghasilkan animasi yang diinginkan. Timing juga berhubungan dengan durasi